Tuesday, May 25, 2010

Tunas Baru Lampung (TBLA) Terbitkan Saham Baru


TBLA akan menerbitkan saham baru sebanyak 200 juta tanpa hak memesan khusus atau Equivalen 4.58% total saham TBLA. Harga penerbitan harga sahambaru tersebut akan bernilai Rp 450 untuk tiap sahamnya. Diharapkan TBLA dapat mengumpulkan Rp 90 miliar. TBLA juga telah menunjuk pembeli siaga berasal dari Singapura untuk aksi korporasi ini. Dana dari aksi ini harapkan dapat digunakan untuk menyelesaikan penyelesaikan hutang kotrak gagal serah yang terjadi pada tahun lalu.Pada tahun lalu TBLA gagal menyerahkan kontrak CPO senilai USD 8 juta dengan kurs Rp 9400 per USD atau berkisar Rp 75.2 miliar. Dengan aksi korporasi yang ditargetkan dapat mengumpulkan dana senilai Rp 90 miliar sehingga TBLA akan memiliki kelebihan dana dan rencananya akan dipergunakan untuk kepentingan modal kerja perusahaan dan pembebasan lahan. Seperti yang diketahui harga perdagangan TBLA belakangan ini sudah berada di bawah harga penerbitan saham baru.

Tampaknya TBLA ingin membatasi kepemilikan saham barunya pada pihak tertentu saja dan dapat diduga kesepakatan ini dilahirkan dari kegagalan delivery contract tahun lalu. Kegagalan CPO delivery contract harus dibayar dengan pemindahan kepemilikan saham TBLA pada pemberi kontrak tahun lalu pada TBLA. Kinerja perusahaan perkebunan sawit akan berkaitan erat dengan pergerakan harga minyak kelapa sawit. Kami perkirakan harga minyak kelapa sawit tahun ini akan lebih baik daripada tahun lalu sehingga semestinya pendapatan penjualan TBLA akan lebih baik di tahun ini dibandingkan tahun lalu.TBLA tidak termasuk dalam cakupan analisa kami sehingga kami tidak dapat memberikan rekomendasi dan perhitungan harga wajar TBLA.

Rekomendasi : NOT RATED pada saham TBLA.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.