Tuesday, May 25, 2010

Penjualan Mobil Bulan Mei 2010 Potensi Bertumbuh 81.47% YoY

Rencana pemerintah propinsi DKI Jakarta untuk menerapkan tarif pajak kendaraan bermotor baru dan kenaikan BBN, telah memicu sejumlah konsumen untuk melakukan pembelian mobil lebih dini, dan memicu pertumbuhan total penjualan mobil nasional meningkat signifikan. Selama dua bulan terakhir kenaikan penjulan tercatat mendekati angka 100%. Sebagai contoh penjualan di bulan Maret pada tahun lalu sebanyak 34.127unit (0309) dan naik menjadi 65.555 pada periode yang sama tahun ini, atau bertumbuh sebesar 92.09%.

Demikian pula halnya dengan penjualan bulan lalu yang membukukan kenaikan 88.50% menjadi 65.232unit (0410) dari sekitar 34.604unit (0409). Hingga akhir bulan ini, pihak asosiasi, utamanya kalangan agen tunggal pemegang merek (ATPM) optimis, total penjualan mobil berpotensi kembali mencapai angka 65.000unit. Secara total dan kumulatif, sektor otomotif 4W di Indonesia mencatat kenaikan penjualan dari sekitar 170.679unit (4M09) menjadi 304.306unit atau bertumbuh sekitar 78.29%. Namun demikian, pasca penerapan tarif pajak baru, total penjualan mobil berpotensi untuk tertekan. Kami juga berpendapat, meskipun telah terjadi pemesanan dan pembelian mobil lebih awal, hal tersebut belum tentu dapat menutupi potensi penurunan total penjualan mobil di Indonesia hingga akhir tahun ini. Kami juga percaya, pasca penerapan pajak progresif yang terbaru dan kenaikan BBN tersebut akan memberikan dampak terhadap tidak tercapainya target penjualan tahunan sebanyak 600.000unit. Kenaikan harga mobil yang berpotensoi mencapai lebih dari 10% tersebut tentu juga berpotensimemberikan dampak terhadap perkembangan usaha atau ekspansi yang telah direncanakan oleh beberapa pelaku usaha besar. Investor asing yang berencana menanamkan modalnya dalam bentuk pengembangan pabrik mobil di Indonesia juga berpotensi tertunda seiring dengan penurunan permintaan yang dapat terjadi sebagai akibat kenaikan harga jual mobil tersebut. Namun demikian, didorong oleh stabilnya angka inflasi dan pertumbuhan makro domestik yang masih akan lebih baik dari beberapa negara lain, masih akan menjadi salah satu faktor pemicu stabilnya permintaan otomotif 4W hingga akhir tahun ini. Kami juga masih optimis, penjualan mobil hingga akhir tahun ini masih akan lebih baik dari total penjualan akhir tahun lalu sebanyak 486.061unit. Kami masih memberikan sudut pandang yang optimis terhadap potensi pertumbuhan industri mobil dalam negeri di tahun tahun yang akan datang dan memberikan outlook OVERWEIGHT.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.