Wednesday, June 30, 2010

Sektor Ritel Diprediksi Bertumbuh Hampir 10% Tahun 2010

Asosiasi Pelaku Usaha Ritel Indonesia memprediksikan pada tahun depan pertumbuhan total jumlah toko modern akan berpotensi tumbuh sebesar 9%. Adapun pada tahun ini kenaikan jumlah gerai usaha hanya diperkirtakan mencapai sebesar 5% seiring dengan penundaan ekspansi usaha beberapa pebisnis ritel domestik. Ritel trasdisional juga diperkirakan akan mengalami hal yang sama namun lebih kecil yaitu sekitar 5% pada tahun 2010. Bila melihat dari
sisi pertumbuhan omzet secara tahunan, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir sektor ritel di Industri secara total bertumbuhn dua digit dan menempati posisi pertumbuhan ketiga tertinggi se Asia.

Data yang diterbitkan pada akhir tahun ini menunjukan jumlah gerai ritel format tradisional mencapai 1.907.062, sedangkan untuk format ritel masing masing sebanyak: 10.607 (minimarket), 1.571 (supermarket), 267 (convenience store), 127 (hypermarket) dan sisanya berformat lain. Potensi ekspansi usaha yang berlanjut bahkan lebih agresif dibandingkan dengan tahun 2008, seiring dengan prediksi membaiknya perekonomian domestik, reginal dan global termasuk daya beli masyarakat yang diperkirakan akan semakin menguat menjadi beberapa alasan bagi para pelaku usaha ritel di Indonesia untuk meningkatkan ekspansi usahanya melalui target penambahan jumlah pembukaan toko baru yang lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. MPPA sebagai contohnya telah mentargetkan pembukaan toko baru akan meningkat mendekati angka 50%.

Kami juga melihat, kondisi tersebut akan berpotensi memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan sektor ritel untuk mencatat pertumbuhan yang sama yaitu double digit seperti yang terjadi sebelum tahun 2008. Salah satu indikator perekonomian Amerika Serikat yaitu Retail Sales Index yang mencatat lonjakan signifikan selama 3 bulan terakhir dari -2.2% menjadi 1.1% dan mencapai 1.3% pada periode November tahun 2009 juga melatarbelakangi analisa yang kami lakukan untuk tetap konsisten dengan sudut pandang kami terhadap pertumbuhan sektor ritel domestik. Kami memberikan rekomendasi OVERWEIGHT untuk industri ritel Indonesia.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.