Wednesday, June 30, 2010

Recapital Akan Kuasai 61% Saham Bank Eksekutif

PT Recapital Securities akan memiliki saham PT Bank Eksekutif sebanyak 61,71% melalui rights issue yang akan dilakukan pada 26 Juli mendatang. Jumlah tersebut berkurang dari rencana awal sebesar 85%.

"Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa menyetujui rencana penawaran Umum Terbatas atau Right Issue. Recapital akan menjadi salah satu pembeli siaga dengan 61,71 persen saham," ujar Direktur Utama Bank Eksekutif, Gandi Ganda Putra usai RUPSLB Bank Eksekutif di Jakarta, Rabu (30/6) malam.

Seperti yang diketahui, Perusahaan akan melakukan rights issue dalam rangka Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sebanyak 5,1 miliar (5.122.500.000) lembar saham biasa.

Gandi menuturkan pembeli siaga lainnya adalah IF Services Netherlands B.V, sebuah perusahaan asal Belanda yang basis bisnisnya ada investasi dan obligasi.

Gandi mengaku tidak mengetahui alasan Recapital mengurangi porsi saham yang dibelinya. Pasalnya keputusan tersebut sepenuhnya berada di tangan recapital. "Kalau untuk pengurangan, itu domainnya Recapital," tukasnya.

Gandhi menuturkan dana yang akan diperoleh sebesar Rp512,2 miliar akan digunakan untuk penerapan rencana bisnis k edepan, khususnya dalam rencana pengembangan model bisnis baru, yaitu pengembangan pilar bisnis kredit UMKM.

Selain untuk rencana bisnis, dana hasil rights issue juga akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan agar tingkat Capital Adequacy Ratio dapat meningkat menjadi sekitar 39%, jauh di atas sesuai dengan ketentuan minimal yang dipersyaratkan oleh Bank Indonesia.

Adapun alokasi penggunaan dana setelah dikurang biaya-biaya Penawaran Umum Terbatas I sekitar 84% akan digunakan sebagai modal kerja untuk meningkatkan pemberian kredit yang akan difokuskan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sekitar 12% akan digunakan untuk menambah jumlah jaringan operasional dengan melakukan pembukaan kantor cabang dan kantor cabang pembantu. Sedang sebanyak 4% akan digunakan untuk pengembangan teknologi berupa pembelian hardware, software untuk meningkatkan sistem informasi teknologi operasional.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.