Monday, May 24, 2010

Timah (TINS) akan lebih banyak lakukan penambangan laut


Jika pada tahun lalu TINS memporsikan penambangan 50:50 antara penambangan laut dan darat maka pada tahun ini TINS akan memporsikan 70:30 antara penambangan laut dan daratnya. Lebih banyak porposional penambangan laut daripada darat disebutkan karena perusahaan ingin memperkecil tumpang tindih dengan kegiatan illegal mining. Pada tahun ini TINS mentargetkan untuk memproduksi dan menjual sebanyak 50.000 ton timah. Permintaan timah sendiri membaik. TINS sendiri melihat permintaan timah akan membaik sekitar 10%-
15% dari tahun lalu.

Penambangan laut oleh perusahaan dianggap lebih memberikan efisiensi karena peluang penambang lain yang tidak berijin ikut serta mengeruk bijih timah lebih kecil. Untuk mengeruk bijih timah dari laut tentunya memerlukan sarana yang kuat seperti kapal keruk yang tidak dapat mudah dimiliki oleh illegal mining. Hal sebaliknya terjadi pada penambangan darat.

Kami sependapat bahwa permintaan timah meningkat di tahun ini oleh karenanya harga timah juga akan membaik menjadi USD 16900 per ton dari USD 13420 di tahun lalu. Permintaan yang membaik ini akan dipergunakan oleh perusahaan untuk menjual lebih tinggi outputnya namun menurut kami kenaikan tersebut tidak terlalu tinggi atau berkisar 46.000 saja dari 45.000 di tahun 2009. Kenaikan yang moderat tersebut menurut kami penting untuk menjaga harga komoditas timah tetap menarik di dunia. TINS sendiri merupakan supplier penting untuk persediaan komoditas timah dunia.

Proyeksi kami dengan asumsi 50:50 penambangan laut dan darat dan harga asumsi USD 16900 dan volume penjualan 46.000 ton memberikan potensi membukukan penjualan Rp 8.2 triliun dari Rp 7.7 triliun. Tahun ini TINS juga akan lebih efisien dan akan membukukan laba bersih Rp 1.4 triliun dari Rp 313 milyar di tahun lalu. Harga wajar setelah proyeksi keungan memberikan harga TINS berada di Rp 2700 atau memberikan keuntungan investasi sebanyak 36% yang mana menurut kami cukup menarik. Oleh sebab itu kami merekomendasikan BUY untuk TINS.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.