Monday, May 24, 2010

Indeks Bergerak di Teritori Negatif

Sentimen yang negatif dari bursa pasar global selain krisis hutang Yunani bertambah dengan berita kurang kondusif dari Spanyol. Langkah pemerintah setempat untuk menyelamatkan bank yang terseret kredit macet properti mengirim kekhawatiran akan kesehatan perbankan tidak saja di negara tersebut namun hingga keseluruh kawasan. Berita yang negatif dari benua seberang juga turut menggoncang bursa saham di Amerika. Bursa indeks saham Dow Jones, S&P
dan Nasdag ditutup di teritori merah. Perlemahan juga menyebar hingga di bursa saham kawasan asia dimana bursa saham yang telah bertransaksi aktif bergerak melemah seperti bursa saham Nikkei Jepang, Taiwan, Korea dan Singapura.

Perlemahan di bursa saham tampaknya tidak banyak mengubah harga komditas dunia. Meski harga minyak bumi dan minyak kelapa sawit menurun namun harga komoditas metal seperti timah dan nikel mengalami penguatan. Kekhawatiran kondisi ekonomi lebih tercermin pada pergerakan mata uang dimana USD dan Yen menguat terhadap EUR. Mata uang rupiah pada pagi hari ini cenderung melemah daripada USD.

Berita dari global akan memperngaruhi indeks bursa dan kami melihat indeks bursa nasional juga akan terpengaruh berita dari emitten di bursa. Indeks akan bergerak di kisaran 2560-2610 dan dan ditutup melemah.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.