Sunday, June 20, 2010

Indeks dapat bergerak menguat

Sentimen positif terjadi di bursa kawasan Asia yang telah bertransaksi aktif pagi ini menguat drastis. Nikkei Jepang pagi ini telah bergerak mengiat sebanyak 164 poin demikian juga indeks di Korea. Sentimen yang positif ini berkaitan dengan spekulasi akan dilepasnya kontril mata uang Yuan China dan akan mengikuti arus pasar. Spekulasi ini tentunya akan membuat mata uang Yuan menguat dan memberikan kesempatan masyarakat cina untuk lebih mengkonsumsi barang impor dan dapat menggeliatkan ekonomi Amerika dan Eropa.

Spekulasi tersebut disambut positf dengan menguatnya harga komoditas energi seperti minyak mentah dan minyak kelapa sawit di bursa komoditas Rotterdam. Hal sebaliknya terjadi pada harga komoditas metal seperti timah dan nikel bergerak berlawanan dengan bursa indeks saham baik di Amerika dan Asia.

Spekulasi tersebut juga terlihat pada nilai pertukaran mata uang. EUR cenderung menguat terhadap USD menunjukkan optimisme terhadap ekonomi setempat. Mata uang IDR bergerak menguat cukup tajam dan dipertukarkan pada kisaran Rp 9020 untuk setiap USD. Menunjukkan arah investor ke dalam negeri akan tinggi. Oleh karena itu indeks kami perkirakan akan menguat dan ditutup di teritori positif. Arah penguatan indeks hari ini dapat menguji level 3000 dan indeks dapat bergerak di kisaran 2900-3030.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.