Sunday, June 20, 2010

Dividen Tumas Bau Lampung (TBLA)

Hasil rapat umum pemegang saham TBLA menentukan pembagian dividen Rp1.93 per lembar saham. Dengan nilai pembagian saham senilai tersebut maka manajemen memutuskan untuk membulatkan pembagian dividen menjadi Rp 2 per lembar saham.

TBLA membukukan laba bersih per lembar saham (EPS) yang telah terdilusi senilai Rp 28. Sehingga secara rasio dividen payout atau perbandingan dividen yang dibagikan terhadap EPS sebesar 7%. Angka ini sangat kecil jika dibandingkan dengan rasio dividen payout perusahaan sejenis seperti Astra Agro yang memberikan dividen payout rasio sebesar 65%. TBLA merupakan perusahan yang bergerak di bidang hulu dan hilir dari perkebunan kelapa sawit yang mana proyeksi kami tahun ini harga minyak kelapa sawit mentah akan mengalami kenaikan secara rata-rata jikadibandingkan dengan tahun lalu. Kami memprediksikan harga rata-rata minyak kelapa sawit mentah akan berada di USD 750 di tahun ini dari USD 681 secara rata-rata di tahun lalu. Kinerja TBLA di kwartal I tahun ini juga meningkat dengan baik dimana laba bersih TBLA naik 197% dari Rp24,5 miliar menjadi Rp 48,2 miliar. Penjualan TBLA pada periode tersebut tercatat Rp 587 miliar dari Rp 743 miliar di tahun lalu. Perbaikan kinerja TBLA terbantu dengan keuntungan selisih nilai tukar mata uang asing.

TBLA tidak termasuk dalam cakupan analisa kami sehingga kami tidak memberikan rekomendasi dan target harga wajar.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.