Wednesday, June 9, 2010

Dividen Sampoerna Agro (SGRO)

Rapat umum pemegang saham SGRO kemarin menentukan bahwa SGRO akan membagikan dividen dari tahun buku 2009 sebesar Rp 45 per lembar. Keputusan ini sesuai dengan dividen policy SGRO dimana SGRO akan membagikan dividen dengan tidak melebihi melebihi 35%. Mengingat laba bersih per lembar saham tahun 2009 senilai Rp 149 maka rasio dividen payout ratio SGRO untuk tahun buku menjadi sebesar 30%. Ratio tersebut cukup menarik namun mengingat harga penutupan SGRO kemarin Rp 2250 yang berarti hanya memberikan keuntungan 2% saja dari dividen SGRO maka kami memandang keuntungan yang didapat kurang menarik.

Keuntungan investasi dapat dipertimbangkan dari saham SGRO memperhatikan proyeksi kinerja fundamental SGRO yang membaik di tahun ini dari tahun sebelumnya. Kami proyeksikan SGRO akan membukukan penjualan yang meningkat 46% dari tahun lalu atau mencatat Rp 2.66 triliun di tahun ini dari Rp 1.8 triliun di tahun 2009. Laba bersih juga akan meningkat secara menarik dari Rp 286 miliar menjadi Rp 471 miliar atau naik 65%, lebih baik dari kenaikan penjualan. Kenaikan laba bersih tersebut terbantu dengan minimnya pembayaran bunga hutang dan biaya produksi SGRO. SGRO merupakan perusahaan yang net cash dan penurunan biaya produksi dikontribusi dengan turunnya harga pupuk.

Perhitungan harga wajar setelah proyeksi kinerja keuangan SGRO berada di Rp 2800 atau memberikan keuntungan investasi sekitar 24%, yang mana cukup menarik. Valuasi PER dan Ev/Ha yang masih murah, oleh karena itu kami merekomendasikan BUY.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.