Tuesday, June 8, 2010

Akuisisi Bakrie Sumatera Plantation (UNSP)

UNSP tampaknya masih harus menggeser jadwal akuisisi anak perusahaan PT Domba Mas. Semula dijadwalkan pengalihan kepemilikan akan tuntas pada bulan Mei. Namun pada rapat umum pemegang saham tahunan Direktur Utama UNSP menyebutkan pihaknya belum mentandatangani perjanjian jual beli. Dengan kata lain, jadwal penuntasan transaksi tidak terpenuhi. Meski demikian, UNSP menegaskan masih berminat dan akan menuntaskan transaksi pengalihan kepemilikan.

Pada intinya UNSP berencana masuk pada bisnis hilir kelapa sawit dengan pengakuisisian anak perusahaan Domba Mas. Anak perusahaan Domba Mas yang menjadi target akuisisi UNSP merupakan perusahaan yang bergerak pada industri oleochemical. Oleochemical merupakan produk turunan dari kelapa sawit yang menjadi bahan baku bagi produk kosmetik, detergen dan produk perawatan kulit.

Oleochemical merupakan bahan baku personal care dan detergent yang termurah dibandingkan dengan bahan baku lainnya sehingga mempunyai daya saing yang baik dan prospek bisnis yang baik. Sehingga kami melihat pengakuisisian Domba Mas dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan.

Pada tahun ini kami memproyeksikan anak perusahaan Domba Mas belum memberikan kontribusi yang positif pada penjualan UNSP dan demikian juga laba bersih. Sebaliknya, kami berasumsi konservatif bahwa anak perusahaan Domba Mas akan menambah biaya beban bunga hutang. Terbantu dengan membaiknya harga komoditas baik karet dan kelapa sawit dan dibarengi dengan volume penjualan yang lebih baik baik output kelapa sawit dan karetnya, kami
melihat penambahan beban bunga hutang tidak melemahkan posisi arus kas UNSP. Perhitungan harga wajar setelah proyeksi keuangan menurut kami berada di Rp 725. Valuasi PER dan Ev/Ha UNSP juga cukup menarik, oleh sebab itu kami merekomendasikan BUY untuk UNSP.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.