Thursday, May 13, 2010

BTEL Dirikan Dua Anak Usah Baru dan Lunasi Hutang US$175juta

Salah satu pelaku usaha telekomunikasi BTEL akan menginvestasikan dananya sebesar US$ 100juta untuk mengembangkan anak usahanya yang baru didirikan pada Maret 2010. PT. Bakrie Connectivity didirikan untuk fokus dalam bidang usaha perdagangan produk berbasis internet provider dan multimedia. Investasi yang menggunakan dana hasil penerbitan obligasi senilai US$ 250juta tersebut, diharapkan akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan usaha perusahaan, khususnya di bidang layanan jasa internet. Perusahaan juga telah mendirikan anak usaha baru lainnya bernama Bakrie Network yang bergerak dalam bidang pembangunan infrastruktur jasa telekomunikasi.

Selain pengembangan anak usahanya yang baru, perusahaan juga enggunakan dana hasil penerbitan obligasi tersebut untuk melunasi sebagian kewajibannya atau sekitar US$ 175juta. Adapun pelunasan tersebut termasuk pinjaman jangka pendek senilai US$ 45 juta dari Credit Suisse, Morgan Stanley, dan Bank of America Merril Lynch.Sebagai salah satu pelaku usaha besar telekomunikasi jaringan CDMA, pengembangan anak usaha tersebut berpotensi memberikan benefit terhadap pertumbuhan usaha perusahaan di tahun yang akan datang.

Diversifikasi produk layanan atau jasa telekomunikasi juga kami lihat menjadi salah satu kunci penting bagi perkembangan usaha perusahaan. Penurunan tingkat hutang tersebut juga menurut kami akan memberikan dampak yang cukup baik pada penurunan beban perusahaan dan operasional usaha hingga akhir tahun ini.Pada transaksi perdagangan kemarin, BTEL ditutup pada Rp 141 per lembar saham atau setara dengan p/e sebesar 40.88x atau diatas rata rata industrinya sebesar 20.60x. Kami masih konsisten dengan sudut pandang netral dan memberikan rekomendasi HOLD dengan target harga sebesar Rp 150 per lembar saham.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.