Monday, May 31, 2010

Akuisisi Bakrie Sumatera Plantation (UNSP)

UNSP pada tahun lalu melakukan akuisisi anak-anak perusahaan perusahaan Domba Mas dan proses akuisisi tersebut sudah mendekati level akhir. Pada saat ini UNSP juga tengah melakukan negosiasi lahan kelapa sawit seluas 20.000 hektar di Liberia Afrika. Untuk saat ini, UNSP memiliki lahan seluas 129.000 ha. UNSP berkinginan untuk menguasai lahan sebanyak 150.000 hektar. Akuisisi Domba Mas akan menambah lini usaha UNSP dari minyak kelapa sawit ke turunan prosuk kelapa sawit yakni fatty acid dan ole chemical. Kedua produk tersebut merupakan bahan utama dalam pembuatan bio fuel dan produk perawatan kulit dan detergen. Meningat oleochemical ini bernilai sangat murah dibandingkan dengan bahan baku saingannya maka kami melihat potensi bisnis kedepan untuk oleochemical sangat baik. UNSP juga sudah mengantongi kontrak dengan produsen personal care besar dunia.

Kami melihat untuk tahun ini anak perusahaan Domba Mas belum memberikan kontribusi yang baik pada performa UNSP sebaliknya akan membebankan bunga hutang yang lebih tinggi. Terbantu dengan kenaikan harga minyak kelapa sawit di tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu yakni dari USD 681 per ton menjadi USD 750 per ton serta volume penjualan yang memnaik maka perkiraan kami UNSP akan membukukan penjualan Rp 3.2 triliun yang mana naik dari Rp 2.3 triliun. Laba bersih UNSP juga meningkat dari Rp 252 miliar menjadi Rl 305 miliar. Perhitungan harga wajar UNSP berada di Rp 725 selain itu valuasi UNSP dibandingkan dengan perusahaan sejenis masih menarik oleh sebab itu kami merekomendasikan BUY untuk UNSP

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.