Tuesday, June 22, 2010

Indeks dapat terseret sentimen negatif dari luar

Data penjualan perumahan di Amerika yang turun diluar perkiraan menggoyangkan indeks bursa baik di Amerika, Eropa dan juga beberapa bursa di kawasan Asia yang telah bertransaksi. Semalam bursa Dow Jones Industrial turun 149 poin dan pagi hari ini Nikkei Jepang, Kospi Korea dan bursa di Taiwan telah bergerak di teritori negatif yang cukup dalam. Bursa di Eropa yang turun dikaitkan dengan kekhawatiran perbankan Eropa.

Harga komoditas bergerak beragam dan tampaknya imbas pelepasan mata uang Yuan kali ini tidak mendorong secara serempak terhadap penguatan harga komoditas. Nikel dan timah yang diperdagangkan di LME bergerak berseberangan dimana harga timah menguat namun harga nikel melemah.

Perlemahan terjadi pada harga minyak dunia yang diperdagangkan di NYMEX. Pergerakan mata uang EUR yang melemah menunjukkan masih adanya kekhawatiran terhadap perbankan Eropa. Perlemahan mata uang rupiah juga memberikan indikasi akan pergerakan dana keluar dari tanah air. Perlemahan yang kurang dalam kemarin masih memberikan ruang untuk profit taking untuk hari ini. Indek dapat ditutup melemah dan bergerak di kisaran 2850-2950.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.