Tuesday, June 22, 2010

Bunga Perbankan Terakhir

Catatan Bank Indonesia menunjukkan bahwa bunga kredit Perbankan mengalami penurunan, sebaliknya bunga deposito mengalami kenaikan sebanyak 2 bps. Pertumbuhan kredit perbankan Indonesia mencapai 18.7% dalam periode tahunan hingga awal bulan Juni ini dengan terutama ditopang dari pertumbuhan kredit konsumsi. Bank Indonesia memperhatikan bahwa pertumbuhan kredit perbankan melebihi pertumbuhan dana pihak ketiga. Hal ini menyebabkan rasio pinjaman terhadap kredit meningkat dari 76.14% di tahun lalu menjadi 76.31%.

Kami melihat apabila perbankan Indonesia dengan menaikkan bunga simpanan belum memperoleh likuiditas yang baik maka perbankan Indonesia akan mencari dana dengan penerbitan surat hutang maupun repo. Pendanaan tersebut merupakan pendanaan mahal dan akan memicu perbankan untuk memberikan kredit konsumsi yang lebih banyak guna menutupi biaya operasional. Apabila dengan suku bunga yang terjaga rendah dan perbankan mampu menumbuhkan dana nasabah yang tersimpan maka perbankan akan lebih berani memberikan kredit korporasi. Kami memandang kredit korporasi akan lebih banyak membantu dalam pertumbuhan sektor riil di Indonesia.

Perbankan Indonesia pada tahun ini akan mengalami pertumbuhan kredit yang lebih baik daripada tahun lalu. Hal tersebut disebabkan suku bunga acuan yang terjaga rendah oleh otoritas monetar. Disisi lain bagi perbankan yang mempunyai likuiditas dan rasio kecukupan modal yang rendah akan terbatas pergerakannya, terlebih lagi apabila tidak mempunyai eksposur pada kredit konsumsi atau UMKM yang baik. Meski secara fundamental perbankan dapat membukukan laba bersih yang baik di tahun ini namun kami melihat pergerakan harga saham perbankan akan terbatas dengan data ekonomi yang variatif ada suku bunga acuan yang kecil kemungkinannya untuk kembali diturunkan.

Rekomendasi: NETRAL

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.