Thursday, June 3, 2010

Dividen Timah (TINS) 2009

Rapat umum pemegang saham memutuskan untuk membagikan dividen sebanyak Rp 156,8 miliar. Laba bersih TINS pada tahun 2009 tercatat Rp 313,7 miliar sehingga pembagian dividen tersebut adalah 50% dari laba bersih TINS.

Pada tahun lalu EPS TINS mencapai Rp 62 dan penutupan harga kemarin di Rp 2150 maka hanya memberikan rasio dividen yield sebesar 1.4%. Dari nilai rasio dividen yield ini menunjukkan bahwa pembelian saham dengan harga pasar terakhir kurang memberikan keuntungan dari dividen yang menarik.

Investasi dari TINS mungkin dapat diperoleh dari ekspektasi pendapatan yang lebih baik di tahun ini yang nantinya dapat diharapkan pergerakan harga yang lebih baik di tahun ini. Kami perkirakan harga komoditas timah akan membaik di tahun ini daripada tahun lalu dan TINS juga akan melakukan efisiensi sehingga dapat memperbaiki margin pendapatan bersih. Perhitungan harga wajar yang kami lakukan dengan menggunakan metode Discounted Cash Flow mendapatkan harga wajar TINS di Rp 2700. Dengan harga penutupan terakhir TINS dapat memberikan keuntungan investasi 25% oleh karena itu kami merekomendasikan BUY.

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.