Monday, September 7, 2009

Timah (TINS) Beli Kapal USD 45 juta

TINS membeli lima unit kapal keruk ukuran kecil senilai USD 15 juta serta membangun bucket wheel senilai USD 30 juta. Perusahaan akan menggunakan dana internal untuk belanja modal tersebut. TINS akan tetap berkonsentrasi untuk mengembangkan bisnis hilir.

Belanja modal TINS ini sesuai dengan visi perusahaan kedepan yang akan lebih banyak mengumpulkan bijih timah dari offshore daripada daratan. Perusahaan melakukan hal tersebut untuk mempertahankan cadangan kandungan timah. Realisasi dari belanja modal ini juga kami kira tidak banyak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan karena kinerja perusahaan tersebut lebih dipengaruhi oleh harga dan volume penjualan. Haga penjualan sendiri bisa turun
apabila terlalu banyak pasokan.

Tahun ini kami memprediksikan harga timah rata-rata di USD 13000 yang mana turun dari USD 18408 atau turun 29% sementara untuk volume penjualan kami prediksikan TINS akan menjual sebanyak 45.000 ton yang mana hanya turun tipis dari tahun lalu sebanyak 46.438 ton. Hal ini menyebabkan pendapatan dan laba bersih TINS turun 49% dari tahun 2008.

Valuasi indeks pertambangan di bursa efek Jakarta berada di 14x sementara untuk PER 09F TINS berada di 15x. . Kami merekomendasikan HOLD untuk saham TINS karena perhitungan harga wajar TINS menurut kami berada di Rp 1850.


Analyst: Asti Pohan (asti.pohan@bnisecurities.co.id)

0 comments:

Post a Comment

Your comment will be moderated the first time you do like if you include links. From there not be necessary if you use the same data and keep your sanity. Will not be published insults, slander or disrespect to the readers and commentators on this blog.